PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI IPA 2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Authors: Wulandari, Lilis; Universitas Sebelas Maret, Van Hayus, Elfi Susanti; Universitas Sebelas Maret, Martini, Kus Sri; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5204
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5204/3673
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 2 semester genap SMA Negeri Gondangrejo dengan penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Sumber data berasal dari guru, siswa dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan angket, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2013/2014.