PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Authors: | Jati, Yoga Bririan; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Sri; Universitas Sebelas Maret, Hastuti, Budi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5174 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5174/3655 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI semester 2 SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas. Data prestasi kognitif dianalisis dengan menggunakan tes, prestasi afektif dengan angket, dan uji hipotesis dengan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dilengkapi peta pikiran memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan yang dilengkapi peta konsep pada materi pokok Sistem Koloid. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,353 > ttabel = 1,671 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 1,733 > ttabel= 1,671.