PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN CTL MELALUI METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DAN SIKAP ILMIAH

Main Authors: -, Sungkono -; Guru Fisika SMA Negeri 3 Klaten, Sunarno, Widha -; UNS, -, Sukarmin -; UNS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sebelas Maret , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/5020
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/5020/3529
Daftar Isi:
  • (CTL) melalui metode proyek dan metode eksperimen, kemampuan menggunakan alat ukur dan sikapilmiah terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasipenelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 4 kelas. Data dikumpulkan denganmetode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kemampuan menggunakan alat, sedangkan angket untuksikap ilmiah dan prestasi belajar psikomotor siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis anava2x2x2. Hasil pada penelitian ini adalah: 1) ada perbedaan prestasi belajar kognitif antara yang belajardengan pendekatan CTL melalui metode proyek dan metode eksperimen tetapi tidak perbedaan padaprestasi psikomotor, 2) ada perbedaan prestasi belajar kognitif maupun psikomotor antarakemampuan menggunakan alat ukur tinggi dan rendah, 3) ada perbedaan prestasi belajar kognitifmaupun psikomotor antara sikap ilmiah tinggi dan rendah, 4) interaksi antara pendekatan CTL dengankemampuan menggunakan alat ukur tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar kognitifmaupun psikomotor, 5) interaksi antara pendekatan CTL dengan sikap ilmiah tidak memberikanpengaruh terhadap prestasi belajar kognitif maupun psikomotor, 6) interaksi antara kemampuanmenggunakan alat ukur dengan sikap ilmiah tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi kognitif,tetapi memberikan pengaruh terhadap prestasi psikomotor, 7) interaksi antara pendekatan CTL,kemampuan menggunakan alat ukur, dan sikap ilmiah tidak memberikan pengaruh terhadap prestasibelajar kognitif maupun psikomotor.