PENERAPAN PEER TUTORING DILENGKAPI ANIMASI MACROMEDIA FLASH DAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Main Authors: | Mawarni, Enggar; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Bakti; Universitas Sebelas Maret, Yamtinah, Sri; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4883 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4883/3553 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 semester genap SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan penerapan pembelajaran Peer Tutoring dilengkapi animasi Macromedia Flash dan Handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout dapat meningkatkan: (1) motivasi berprestasi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, pada siklus I diperoleh persentase pencapain motivasi berprestasi siswa sebesar 67% meningkat menjadi 92% pada siklus II (2) prestasi belajar dalam aspek kognitif maupun afektif siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 58%, sedangkan pada siklus II mencapai 83%. Untuk aspek afektif pada siklus I persentase pencapaiannya sebesar 71% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.