PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MATERI PROSES EKSTRAKSI KELAS XI TEKNIK KIMIA INDUSTRI SMK N 2 SUKOHARJO

Main Authors: Lestari, Nungky Adi; Sebelas Maret University, Dwi Ariani, Sri Retno; Universitas Sebelas Maret, Hastuti, Budi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/455
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/455/1762
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaranCTL dengan metode proyek dan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa padamateri Proses Ekstraksi. (2) Pengaruh minat berwirausaha siswa terhadap prestasi belajarsiswa pada materi Proses Ekstraksi. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL denganmetode proyek dan metode eksperimen dengan minat berwirausaha siswa terhadap prestasibelajar siswa pada materi Proses Ekstraksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimentaldengan rancangan penelitian desain faktorial 2  2. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelasXI KI-A dan XI KI-B SMK N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teachingand Learning) dengan metode proyek dan eksperimen terhadap prestasi belajar kognitif danafektif siswa, pendekatan CTL dengan metode proyek memiliki rata-rata prestasi kognitif lebihtinggi dari pada metode eksperimen, tetapi tidak ada pengaruhnya terhadap prestasipsikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi. (2) Terdapat pengaruh minat berwirausahatinggi dan rendah pada pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metodeproyek dan eksperimen terhadap prestasi belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswapada materi Proses Ekstraksi. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan CTL denganmetode proyek dan metode eksperimen serta minat berwirausaha terhadap prestasi belajaraspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi.Kata kunci: Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Metode Proyek,Eksperimen,Minat Berwirausaha, Proses EkstraksiKata kunci: Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Metode Proyek, Eksperimen,Minat Berwirausaha, Proses Ekstraksi