PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI-NILAI MUSIK PATROL DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR GUGUS 02 JEMBER UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA LOKAL

Main Authors: Wirawan, Gandung; Prodi Magister Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, FKIP-UNS, Sariyatun, Sariyatun; Prodi Magister Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, FKIP-UNS
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Agastya , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2sejarah/article/view/4451
Daftar Isi:
  • Pengaruh globalisasi budaya telah merasuki segala aspek kehidupan generasi penerus bangsa Indonesia dewasa ini, oleh karena itu mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar adalah suatu kebutuhan. Guna mendukung materi budaya lokal di kabupaten Jember yang mudah dipahami oleh siswa diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui jenis media pembelajaran IPS yang selama ini digunakan, mengetahui pengembangan media pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai musik patrol untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal, dan mengetahui efektivitas media pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai musik patrol di Sekolah Dasar Gugus 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model desain ASSURE. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Gugus 02 Jember dan sampel penelitian berjumlah 3 sekolah dari keseluruhan populasi 9 sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, pre-test angket ketahanan budaya dan pre-test prestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPS yang selama ini digunakan adalah media visual, pengembangan media pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai Musik Patrol Jember dilakukan menggunakan model desain ASSURE dan menghasilkan media audio-visual dengan bentuk video pembelajaran, pada uji efektivitas diketahui bahwa media pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai Musik Patrol Jember efektif untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal di Sekolah Dasar Gugus 02 Jember ditunjukkan oleh (4,04) > (2,00) dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis nilai-nilai musik patrol berhasil diterapkan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal yang dimiliki siswa di Sekolah Dasar Gugus 02 Jember. Kata Kunci : Pengembangan Media, Pembelajaran IPS, Ketahanan Budaya Lokal.