UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA PENGOLAHAN BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA SURAKARTA AJARAN 2013/2014

Main Authors: Suryawati, Eny; Program Studi PG-PAUD, Mahfud, Hasan; Program Studi PGSD, Palupi, Warananingtyas; Program Studi PG-PAUD
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PG-PAUD FKIP UNS , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4436
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4436/3084
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui media pengolahan bahan bekas pada anak kelompok A di TK Mutiara tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari hasil siklus sebelumnya. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 24 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media pengolahan bahan bekas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Kata kunci : keterampilan motorik halus, media pengolahan bahan bekas, anak kelompok A.ABSTRACK: The purpose of this research is to improve the fine motor skills of children through the medium of processing materials used in children’s group A TK Mutiara Surakarta Academic year 2013/2014. This research is Classroom Action Research (CAR). The research was conducted in two cycles and each cycle is an improvement based on the results of a reflection of the results of the previous cycle.Each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Subjects were children in group A, which amounts to 24 children. The results showed that through the media processing used materials can improve fine motor skills of children precycle to the first cycle and from cycle I to cycle II.Keywords: fine motor skills, media processing scrap materials, children in group A.