PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL MELALUI KEGIATAN COOKING CLASS ( KELAS MEMASAK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PLAY GROUP (PG) 1 PG - TK ALAM CERIA GENENG NGAWI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | Koesmadi, Dita Primashanti; Program Studi PG-PAUD, ., Hartono; Program Studi PGSD, Sujana, Yudianto; Program Studi PG-PAUD |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4399 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4399/3071 |
Daftar Isi:
- Abstract : This research is a kind of Classroom Action Research (CAR). This study is aimed to improve children's fine motor skills play group with the application of contextual learning model through cooking class activities. This study was conducted over three cycles. Each cycle implemented with four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Collection techniques in this study through observation, documentation, and provision of a performance task. Test the validity of the data using data triangulation, engineering, and source triangulation. Analysis of the data in this study using an interactive model of data analysis techniques (Milles and Huberman model). The results of this study demonstrate that the application of contextual learning model through cooking class activities can improve children's fine motor skills PG1 PG-TK Alam Ceria Geneng Ngawi second semester of school year 2013/2014.Keyword : Contextual Learning Model, Cooking Class, Fine Motor SkillsAbstrak : Peneltian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak play group dengan penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan cooking class (kelas memasak). Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini dengan melalui pengamatan, dokumentasi, dan pemberian tugas berupa unjuk kerja. Uji validitas data menggunakan triangulasi data, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif (model Milles and Huberman). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan cooking class (kelas memasak) dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak PG1 PG-TK Alam Ceria Geneng Ngawi semester II tahun ajaran 2013/2014.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Kelas Memasak, Keterampilan Motorik Halus