PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI KEGIATAN MELUKIS UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH 21 TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | Asmawati, Nor; Program Studi PG-PAUD, Universitas Sebelas Maret, Wahyuningsih, Siti; Program Studi PG-PAUD, Universitas Sebelas Maret, ., Sularmi; Program Studi PGSD, Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PG-PAUD FKIP UNS
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4281 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4281/3002 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Melukis anak kelompok B TK Aisyiyah 21 Premulung Tahun Ajaran 2013 / 2014. Subjek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah 19 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang terdiri dari empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis pada perkembangan motorik halus anak pada siklus I mencapai 63,2% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,5%.Kata – kata kunci: model pembelajaran kontekstual, melukis, motorik halusAbstract: This study aims to improve fine motor development using the Contextual Model of Learning Through Drawing on children's activity group B Aisyiyah 21 Premulung kindergarten academic year 2013/2014. Subjects were children in group B with 19 children. Classroom action research was conducted in two cycles and is comprised of four sessions. The results of this study were collected by using the method of observation. The results showed an increase after the application of contextual learning model through painting on fine motor development in the first cycle 1 meeting and reached 63.2% in the second cycle increased to 89.5%.Key Words: contextual learning model, painting, fine motor