PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG DAN KARTU UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN2013/2014

Main Authors: Karina, Yuliana Dewi; Universitas Sebelas Maret, Haryono, Haryono; Universitas Sebelas Maret, Dwi Ariani, Sri Retno; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4255
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4255/3000
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TGT dilengkapi teka-teki silang dan kartu dapat: 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi koloid, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian yang diambil berupa aktivitas belajar siswa, prestasi belajar kognitif dan afektif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) penerapan model pembelajaran kooperatif TGT pada materi koloid dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari kenaikan persentase siswa dengan kategori aktivitas belajar tinggi pada siklus I sebesar 74,75% menjadi 82,72% pada siklus II ,2) penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi koloid. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek kognitif dan afektif. Pada aspek kognitif ketuntasan siswa pada siklus I adalah 34,38% meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Dari aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 77,11% pada siklus I dan 81,92% pada siklus II.Kata kunci: penelitian tindakan kelas, teams games tournament, aktivitas belajar dan prestasi belajar