PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN STAD DAN TAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA MATERI POKOK TERMOKIMIA KELAS XI SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Authors: | Firmansyah, Fery; Universitas Sebelas Maret, Dwi Ariani, Sri Retno; Universitas Sebelas Maret, Martini, Kus Sri; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4236 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4236/2986 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode kooperatif STAD dan TAI terhadap prestasi belajar siswa, kemampuan matematik tinggi dan rendah, serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode STAD dan TAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa serta tidak adanya pengaruh terhadap prestasi belajar afektif siswa. Terdapat pengaruh kemampuan matematik siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa serta tidak adanya pengaruh prestasi belajar afektif siswa dengan kemampuan matematik tinggi dan rendah. Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran STAD dan TAI dengan kemampuan matematik terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.Kata Kunci: STAD, TAI, kemampuan matematik, termokimia.