STUDI KOMPARASI METODE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) YANG DILENGKAPI MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) DAN RODA IMPIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Authors: | Ermawati, Erni; Universitas Sebelas Maret, Haryono, Haryono; Universitas Sebelas Maret, Hastuti, Budi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4153 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4153/2932 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil prestasi belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif metode Teams Games Tournamet (TGT) menggunakan media Roda Impian lebih baik dari pada media Teka Teki Silang (TTS) pada materi Struktur Atom kelas X SMA Negeri 1 Karanganom tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel terdiri dari 2 kelas, data prestasi kognitif menggunakan tes, prestasi afektif menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Roda Impian memberikan hasil prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Teka Teki Silang (TTS) pada materi pokok Struktur Atom. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif dan afektif masing-masing diperoleh thitung = 2,083 > ttabel = 1,671 dan thitung = 1,843 > ttabel= 1,671.Kata Kunci: TGT, roda impian, teka teki silang (TTS), prestasi belajar, Struktur Atom.