PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG MASALAH SOSIAL DI KELAS IV SD
Main Author: | mudrikah, siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4089 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4089/2895 |
Daftar Isi:
- Penerapan Metode Index Card Match dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Masalah Sosial di Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Krakal yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa Penerapan metode index card match dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang Masalah Sosial di Kelas IV SDN 4 Krakal.