PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: PARAHITA, BAGAS NARENDRA; ABSTRACT Bagas Narendra Parahita. K8410011. APPLICATION COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE COURSE REVIEW HORAY FOR IMPROVING LEARNING OUTCOMES SOCIOLOGY GRADE XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University, June 2014. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of sociology with the implementation of cooperative learning model Course Review Horay in class XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Lesson year 2013/2014. This research is a class action research consisting of two cycles, and each cycle consists of four stages: plan, implementation, observed and reflection. Subjects were students of class XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta academic year 2013/2014, amounting to 30 people. Data collection techniques include documentation, observation, interviews, questionnaires, and evaluation. Analysis of the data used in this study consisted of data reduction, data display, and conclusion. Performance indicators that must be achieved is improving student learning outcomes of each cycle, the teacher can improve the performance of the learning process, achieving 80% success indicators for the individual student mastery and mastery of the classical learning material taught. Results of this study show that when seen from the percentage increase in student affective when pre-action research obtained 49.8%, 65.5% for cycle 1, cycle 2 to 79.1% (Affective students very well). Increasing the percentage of students psychomotor when pre-action research obtained 47.8%, 64% cycle 1, cycle 2 to 75.5% (StudensPsychomotor isgood). Increasing the percentage of teacher performance when pre-action research obtained 63.75%, 73.75% of cycle 1, cycle 2 to 78.75% (excellent teacher performance). The percentage level of achievement cooperative learning model Course Review Horay during cycle 1 was obtained 73% increase in cycle 2 to 85.5% (Achievement model is very successful). The increase in the average value of the significance of a class of only 7.77 points, or 11.26% (Enough) starting from values obtained pre-action research class average 71.23, 77.23 for 1 cycle, 2 cycles to 79. Increasing the percentage of completeness cognitive learning outcomes of students at the time pre-action research obtained 40%, 70% cycle 1, cycle 2 to 86% (mastery learning high category). Based on the results of this study concluded that with the implementation of cooperative learning model Course Review Horay can improve learning outcomes sociology class XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Lesson year 2013/2014. Keywords: Cooperative Learning Model, Course Review Horay, Learning Outcomes.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/4062
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/4062/2870
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBagas Narendra Parahita. K8410011. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2013/2014.Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2014. Tujuan dari Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay di kelas XI IPS1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan evaluasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator kinerja yang harus tercapai adalah peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, guru dapat meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran, keberhasilan indikator mencapai 80% untuk ketuntasan siswa secara individu dan ketuntasan belajar klasikal terhadap materi yang diajarkanHasil penelitian dapat menunjukkan bahwa jika dilihat dari Peningkatan persentase pada afektif siswa pada saat pratindakan diperoleh 49,8%, siklus 1 sebesar 65,5%, siklus 2 menjadi 79,1% (Afektif siswa sangat baik). Peningkatan persentase psikomotorik siswa pada saat pratindakan diperoleh 47,8%, siklus 1 sebesar 64%, siklus 2 menjadi 75,5% (Psikomotorik siswa baik). Peningkatan persentase kinerja guru pada saat pratindakan diperoleh 63,75%, siklus 1 sebesar 73,75%, siklus 2 menjadi 78,75% (Kinerja guru sangat baik). Persentase tingkat ketercapaian model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada saat siklus 1 diperoleh 73% meningkat pada siklus 2 menjadi 85,5%(Ketercapaian model sangat berhasil).Peningkatan signifikansi nilai rata-rata kelas hanya sebesar 7,77 poin atau 11,26% (Cukup)dimulaidari pratindakan diperoleh nilai rata-rata kelas 71,23, siklus 1 sebesar 77,23, siklus 2 menjadi 79.Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada saat pratindakan diperoleh 40%, siklus 1 sebesar 70%, siklus 2 menjadi 86% (Ketuntasan belajar kategori tinggi).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun Pelajaran 2013/2014.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Hasil Belajar.