STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA

Main Author: Budi, Bangun Setia; ABSTRACT Purposes of this research are (1) To know the teacher’s strategies in implementing curriculum 2013 in Senior High School 2 Surakarta, (2) to Know how teachers in Senior High School 2 Surakarta understanding curriculum 2013. This research used descriptive qualitative approach with case study research. The types of data used were primary and secondary data. The primary data is the verbal data obtained from interviews with informants consisting of headmaster, vice headmaster, teachers, students, and by observation to Senior High School 2 Surakarta. The secondary data is a document or file on the data of teachers and their competence. The sampling technique in this research was purposive sampling. The techniques of collecting data were indept interview, observation and collecting documentation. The validity of the data used triangulation of data and triangulation method.The technique of analyzing data used interactive model of analysis. The result of research showed that: (1) The problem of teachers in implementing the curriculum 2013 is the lack of socialization given to teachers and there are no books appropriate subjects to the curriculum in 2013 as a source of learning. (2) Teacher’s strategies for the implementation of the curriculum 2013 is to ask fellow teachers, especially in MGMP activities; looking for a reference book as a source of learning activities; and search for information by browsing on the internet. The strategies that undertaken by teachers is one form of self-learning to support the implementation of the curriculum in 2013 at Senior High School 2 Surakarta. Key words: teacher’s strategy, curriculum 2013.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/4030
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/4030/2832
Daftar Isi:
  • STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 SURAKARTABangun Setia Budi. K8410012ABSTRAKTujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Surakarta, (2) Mengetahui bagaimana guru SMA Negeri 2 Surakarta memahami kurikulum 2013.Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer adalah data verbal yang diperoleh langsung dari wawancara dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, waka kurikulum, siswa, dan observasi langsung ke SMA Negeri 2 Surakarta. Data sekunder yaitu dokumen atau arsip mengenai data guru beserta kompetensinya. Teknik sampling diambil melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisa dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik Analisis data model interaktif yakni dengan tahapan sebagai berikut : reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Simpulan hasil penelitian yaitu : (1) Persoalan yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah kurangnya sosialisasi yang diberikan kepada guru serta belum adanya buku mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 sebagai sumber belajar, (2) Strategi yang digunakan oleh guru dalam menghadapi penerapan kurikulum 2013 yakni dengan guru bertanya kepada rekan sesama guru terutama dilakukan dalam kegiatan MGMP dengan metode sharing dengan guru lain yang dianggap mampu memberikan informasi yang dibutuhkan, mencari buku referensi yang digunakan sebagai sumber kegiatan pembelajaran, serta mencari informasi dengan browsing dari internet sebagai salah satu bentuk usaha dalam menambah pengetahuan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Strategi yang dilakukan guru merupakan salah satu bentuk belajar mandiri guna menunjang penerapan kurikulum 2013 yang ada di SMA Negeri 2 Surakarta. Kata Kunci : Strategi guru, Kurikulum 2013