PENGGUNAAN METODE SAS DENGAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I

Main Author: arsih, widi; Universitas Sebelas Maret
Other Authors: sebelas maret university
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4023
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4023/2830
Daftar Isi:
  • Abstract: Method of use SAS with Media Card Capacity Letter in Reading Beginnings in Class I SDN 1 Banjareja. This study aims to improve the reading skills through methods beginning with media card SAS letters. This study uses action research conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The research subject of this class action is the first graders of SDN 1 Banjarej totaling 22 students consisted of 10 boys and 12 girls. The results show the application of the method to the SAS card media can increase the ability to read letters at the beginning of first grade elementary school students.Keys: SAS, Card Letters, Literacy Starters. Abstrak: Penggunaan Metode SAS dengan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 1 Banjareja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS dengan media kartu huruf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas I SDN 1 Banjarej yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode SAS dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD.Kata kunci: SAS, Kartu Huruf, Membaca Permulaan.