PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: -, SETIYORINI -; ABSTRACT This research aimed to improve the learning outcome of sociology subject in the XI IPS (Social Science) 3 Grade of SMA Batik 2 Surakarta by applying greeting sending and problem types of cooperative learning. This study was a Classroom Action Research (CAR). The research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of such stages as: planning, acting, observation, and reflecting. The first and second cycles discussed the social group material. The subject of research was the XI IPS 3 of SMA Batik 2 Surakarta in the school year of 2013/2014 consisting of 31 students. The data source derived from teacher and students. Techniques of collecting data used were observation, test, interview and documentation. The data analysis was conducted using a descriptive comparative technique of analysis. Considering the result of data analysis, it could be found that the student learning outcome in cognitive domain improved. The mean class score obtained was 63.87 in prior action, increasing to 71.16 in cycle I, and to 76.39 in cycle II. In addition, the student learning passing in cognitive domain was 38.71% in prior action, increasing to 67.74% in cycle I and to 93.55% in cycle II. The student learning outcome in affective domain also improved. It was 61.89% in cycle I and increasing to 78.67% in cycle II. Then, the student learning outcome in psychomotor domain also improved; it was 58.78% in cycle I and increasing to 77.5% in cycle II. The conclusion of research was that the application of greeting sending and problem types of cooperative learning model could improve the Sociology subject learning outcome in the XI IPS 3 Grade of SMA Batik 2 Surakarta in the School year of 2013/2014. Keywords: cooperative learning model, greeting sending and problem types, learning outcome.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/3945
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/3945/2776
Daftar Isi:
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SETIYORINIEmail : setiyorini_moscow@ymail.comK8410053Pendidikan Sosiologi Antropologi ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas tentang materi kelompok sosial. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif.Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 63,87, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,16 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,39. Selain itu, ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siswa pada pra tindakan adalah 38,71%, pada siklus I meningkat menjadi 67,74% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,55%. Hasil belajar ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar ranah afektif siswa yaitu sebesar 61,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,67%. Kemudian hasil belajar ranah psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 58,78% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,5%.Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, tipe berkirim salam dan soal, hasil belajar.