PENERAPAN PAIKEM METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: Annisa, Akmala
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3575
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3575/2517
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penerapan PAIKEM metode Course Review Horay dalam peningkatan hasil belajar IPS kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan PAIKEM metode Course Review Horay dan meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan dan proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Caruban yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan PAIKEM metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Caruban tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: PAIKEM Course Review Horay, IPS