PENERAPAN PAIKEM METODE COURSE REVIEW HORAY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Author: | Annisa, Akmala |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3575 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3575/2517 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penerapan PAIKEM metode Course Review Horay dalam peningkatan hasil belajar IPS kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan PAIKEM metode Course Review Horay dan meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan dan proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Caruban yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan PAIKEM metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Caruban tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: PAIKEM Course Review Horay, IPS