PENGGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KALIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: Prasetiyo, Endro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3411
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3411/2381
Daftar Isi:
  • Abstract: The Using Guided Note Taking Methods In Increasing Social Studies Learning. The purpose this research in increasing social studies struggle to oppose colonize matter in the students class IV of SD Negeri 2 Kalirejo Kebumen by using Guided Note Taking. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) during 3 cycles, each cycle includes of planning, implementation, observation, and reflection. As sample is students class V of SD Negeri 2 Kalirejo Kebumen, it includes 25 students. Technique of collecting data is used observation, interview, test, and documentation. The result shows that using Guided Note Taking could increase social studies struggle to oppose colonize matter. Keywords: Guided Note Taking Methods, social studies learning Abstrak: Penggunaan Metode Guided Note Taking dalam Peningkatan Pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalirejo Kebumen dengan menggunakan metode Guided Note Taking. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai sampel adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalirejo Kebumen yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah. Kata kunci: metode Guided Note Taking, pembelajaran IPS