UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATERI HIDROKARBON MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN KARTU SOAL PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 8 SURAKARTA
Main Authors: | Perdana, Dimas Dian; Universitas Sebelas Maret, Utomo, Suryadi Budi; Universitas Sebelas Maret, Yamtinah, Sri; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3285 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3285/2312 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X semester genap SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan kartu soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen atau arsip, dan angket. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan kartu soal dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa pada siklus I sebesar 51,85% menjadi 77,78% pada siklus II. Selain itu, dilihat dari prestasi belajar yaitu berdasarkan aspek kognitif pada siklus I sebesar 55,56% dan pada siklus II sebesar 74,07%, dan aspek afektif pada siklus I sebesar 77,80% dari yang ditargetkan sebesar 70,00%.Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Student Team Achievement Division (STAD), kartu soal, minat belajar, hidrokarbon