STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN METODE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN MATERI SENYAWA HIDROKARBON
Main Authors: | Octavianti, Sylvia; Universitas Sebelas Maret, Ashadi, Ashadi; Universitas Sebelas Maret, Redjeki, Tri; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3281 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3281/2311 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan metode STAD (Student Team Achievement Division) memberikan prestasi yang lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT (Team Games Tournament) yang keduanya berbantuan macromedia flash pada pembelajaran Senyawa Hidrokarbon untuk siswa kelas X semester II SMA 1 Muhammadiyah Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah data prestasi kognitif siswa yang akan dianalisa menggunakan uji-t pihak kanan. Dengan dua kelas eksperimen, kelas eksperimen STAD dan kelas eksperimen TGT. Kelas eksperimen STAD akan dilengkapi dengan instrumen tugas portofolio pada akhir bab. Sedangkan untuk kelas eksperimen TGT, dilakukan permainan ' siapa cepat dia dapat ' pada keberlangsungan pembelajaran dan permainan ' destinasi ' pada akhir bab. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi siswa yang menggunakan metode STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan macromedia flash dengan metode TGT (Team Games Tournament) berbantuan macromedia flash, dengan kesimpulan peneltian yang didapat adalah pembelajaran kimia materi Senyawa Hidrokarbon dengan menggunakan Metode pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan Macromedia Flash, lebih meningkatkan prestasi belajar siswa daripada dengan menggunakan Metode pembelajaran Kooperatif TGT (Team Games Tournament) berbantuan Macromedia Flash.Kata kunci : STAD,TGT, macromedia flash.