PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMK SAKTI GEMOLONG
Main Authors: | Lestari, Nana Dian; Universitas Sebelas Maret, Ariani, Sri Retno Dwi; Universitas Sebelas Maret, Ashadi, Ashadi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3252 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3252/2288 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mempelajari apakah penggunaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilengkapi media animasi dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibanding metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dilengkapi media animasi terhadap prestasibelajar siswa pada materi Asam Basa kelas XI SMKSaktiGemolong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel terdiri dari 2 kelas, data prestasi kognitif menggunakan tes, prestasi afektif menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) metode pembelajaran TAI dilengkapi media animasi memberikan prestasi belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD dilengkapi media animasi, ini terbukti dari hasil uji t-pihak kanan harga thitungprestasi belajar aspek kognitif (2,94) lebih besar dari ttabel (1,67), 2) metode pembelajaran TAI dilengkapi media animasi dan STAD dilengkapi media animasi memberikan prestasi belajar afektif yang sama, ini terbukti dari hasil uji t-pihak kananharga thitung prestasi belajar aspek afektif (0,83) lebih kecil dari ttabel (1,67).Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Student Teams Achievement Divisions (STAD), media animasi, prestasi belajar, Asam Basa.