PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MEDIA TEKATEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Authors: Septianingrum, Resti; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Bakti; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3231
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3231/2270
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memori siswa dan prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid. Peningkatan kemampuan memori dapat dilihat pada siklus I diperoleh 41,67% dan pada siklus II diperoleh 69,44%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil tes kognitif, afektif dan psikomotor dimana pada siklus I diperoleh hasil secara berturut-turut yaitu 33,33%; 71,49% dan 69,44% dan pada siklus II hasil tes kognitif 72,22%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar pada sistem koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), penelitian tindakan kelas, teka teki silang, kemampuan memori, dan prestasi belajar