APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS LIFE SKILLS PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI MELALUI PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGURT
Main Authors: | Fatmawati, Umi, Probosari, Riezky Maya, Indrowati, Meti, Harlita, Harlita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/3159 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/3159/2199 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran berbasis life skills sangat cocok diterapkan pada mata kuliah mikrobilogi dimana mata kuliah tersebut mempelajari berbagai konsep mengenai mikroorganisme dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini, mencoba menerapkan pembelajaran berbasis life skills pada materi fermentasi, dimana mahasiswa melaukan praktikum pembuatan yogurt dengan menggunakan kultur bakteri asam laktat dan difokuskan pada penguasaan academic life skills dan social life skills. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui penguasaan Accademic Life Skills dan Social Life Skills mahasiswa dalam kegiatan praktikum pembuatan yogurt. 2). Mahasiswa mampu menciptakan produk bahan pangan berbasis fermentasi dalam hal ini berupa yogurt dengan kualitas yang baik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terlihat bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki penguasaan academic life skill yang baik terlihat dari hasil observasi bahwa 80% indikator sudah tercapai kecuali pada indikator pengukuran pH, pengukuran asam laktat dan penghitungan jumlah mikroba. Sedangkan untuk penguasaan social life skills mahasiswa sudah sangat baik dari 5 aspek dengan prosentase skor capaian indikator lebih dari 80%. Kata kunci: Academic Life Skills, Social Life Skills, Fermentasi, Yogurt.