PENGEMBANGAN PAKET MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KEHIDUPAN TERKAIT KONSEP IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP SAMARINDA
Main Author: | Rambitan, Vandalita Maria Magdalena |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/3152 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/3152/2192 |
Daftar Isi:
- Kenyataan permasalahan yang dialami guru terkait pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA Biologi di SMP adalah minimnya pemahaman guru dan rendahnya kreativitas guru untuk memanfaatkan media lingkungan sebagai sumber belajar. Akibatnya bermasalah pada hasil belajar siswa yakni tidak memiliki kemampuan untuk mentransfer konsep yang telah dipelajari dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dengan mengembangkan paket media pembelajaran berbasis lingkungan yang ditujukan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan terkait konsep IPA Biologi di kelas VII SMP. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan tahapan: 1) Penetapan materi dan standar kompetensi, 2) Analisis kebutuhan, 3) Pengembangan perangkat media pembelajaran, yang terdiri dari RPP, Lembar Observasi, Rubrik Penilaian, LKS, serta Media Berbasis Lingkungan, 4) Validasi ahli, dan 5) Uji coba perangkat, yakni uji coba lapangan terbatas. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan menggunakan persentase pencapaian kemampuan siswa memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep Biologi menunjukkan hasil yang baik. Kata Kunci: Media Berbasis Lingkungan, Konsep Biologi.