PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Authors: | Fatoni, Indah; Universitas Sebelas Maret, Sukardjo, JS; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2890 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2890/1983 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen atau arsip, dan angket. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 61,76% menjadi 94,12% pada siklus II. Selain itu, dilihat dari prestasi belajar yaitu berdasarkan aspek kognitif pada siklus I sebesar 58,82% dan pada siklus II sebesar 85,29%, aspek afektif pad siklus I sebesar 94,12% dan pada siklus II sebesar 100%, sedangkan dari aspek psikomotor pada siklus I sebesar 88,24% dari yang ditargetkan sebesar 60%.