STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TPS DAN NHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Authors: | Wardani, Dita Kusuma; Universitas Sebelas Maret, Haryono, Haryono; Universitas Sebelas Maret, Nurhayati, Nanik Dwi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2771 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2771/1906 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan metode kooperatif TPS dan NHT, kreativitas tinggi dan rendah, serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X3 dan X1. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kreativitas, sedangkan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan prestasi belajar kognitif dan afektif siswa dengan metode TPS dan NHT. Terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah serta tidak adanya perbedaan prestasi belajar afektif siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah. Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran TPS dan NHT dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.Kata Kunci: TPS, NHT, kreativitas, prestasi belajar, hidrokarbon