STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA
Main Authors: | Ramandika, Muhammad Gunawan Dwi; Universitas Sebelas Maret, Susanti V.H., Elfi; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2764 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2764/1904 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kimia dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok Sistem Periodik Unsur kelas X semester ganjil di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 10 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling (pemilihan kelas secara acak). Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran dengan metode TAI) dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan metode CIRC). Pengambilan data penelitian menggunakan tes kognitif dan angket afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok Sistem Periodik Unsur kelas X semester ganjil SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji t-pihak kanan harga thitung prestasi belajar aspek kognitif (2,118) dan aspek afektif (2,115) lebih besar dari ttabel (1,672). Kata Kunci : Metode pembelajaran, TAI, CIRC, Prestasi Belajar Siswa, Sistem Periodik Unsur.