STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA

Main Authors: Nugraheni, Wulan; Universitas Sebelas Maret, Martini, Kus Sri; Universitas Sebelas Maret, Nurhayati, Nanik Dwi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2756
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2756/1903
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran metode Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS dan metode Numbered Heads Together (NHT) pada materi Pokok Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest-Only Comparison Group Design untuk mengukur prestasi belajar aspek kognitif dan afektif. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dan diambil 2 kelas di mana satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 (dengan TAI) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen 2 (dengan NHT). Teknik pengumpulan data prestasi belajar dengan metode tes untuk aspek kognitif dan metode angket untuk aspek afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada aspek kognitif antara penggunaan metode TAI dan metode NHT pada materi pokok Kesetimbangan Kimia. Hal ini ditunjukkan dengan uji-t di mana thitung > ttabel (2,152 > 1,999). Sedangkan untuk prestasi belajar afektif menunjukkan hasil yang secara statistik dikatakan sama dengan uji-t di mana thitung < ttabel (0,43 < 1,999). Kata Kunci : studi komparasi, TAI, NHT, prestasi belajar, kesetimbangan kimia