METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR KELAS IV
Main Author: | Nisa, Mardiyatun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
, 2012
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/263 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/263/153 |
Daftar Isi:
- METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR KELAS IV Mardiyatun Nisa, Suripto, Harun Setyo Budi PGSD FKIP UNS Kampus VI Kebumen. Jl. Kepodang 67A Kebumen 54312 Email: cenutz@ymail.com Abstract: Sosiodramatic Method on Social Knowledge Learning at Elementary School 4th Grade. This study describe about application of sosiodramatic method on social knowledge learning at elementary school 4th grade. Action research was conducted in three cycles, each of which involved planning, implementing, observing, and reflecting. The result of the study showed that sosiodramatic method can increase the quality of learning, student activity, process skills, and understanding of the material being studied that is social problems. Key Word: sosiodramatic method, social knowledge learning Abstrak: Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran IPS di SD kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama yang diterapkan dengan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, keaktifan siswa, keterampilan proses, serta pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, yaitu materi permasalahan sosial. Kata Kunci: metode sosiodrama, pembelajaran IPS