PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SELANG

Main Author: Tri Subarkah, Arum
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2292
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2292/1660
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/downloadSuppFile/2292/269
Daftar Isi:
  • Abstract: Using Contextual Approach Teaching And Learning (CTL) Concrete Objects In The Media Learning Improvement Grade Students Build Space On Elementary School 1 of Selang Grade IV School Year 2012/2013. The purpose of this study are describe the step-by-step approach to media CTL concrete objects, dincrease in learning outcomes Build Space on the fourth grade students on elementary school 1 of Selang school year 2012/2013, and describes the obstacles and solutions. This research is a classroom action research (CAR) using a design collaboration with the research cycle. Subject of this study fifth grade students on elementary school 1 of Selang which has 21 students. In learning process the first cycle, percentage learning reached 85,71%, in the second cycle 90,47% and the third cycle increase to 9,25%. Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Concrete Media Objects, Build Space. Abstrak: Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Media Benda Konkret Dalam Peningkatanpembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan pendekatan CTL dengan media benda konkret, peningkatan hasil belajar Bangun Ruang pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2012/2013, dan kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Selang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada proses pembelajaran siklus I persentase pembelajaran mencapai 85,71%, pada siklus II mencapai 90,47%, dan pada siklus III meningkat menjadi 9,25%. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Bangun Ruang.