PENGGUNAAN MODEL STAD DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BLENGORKULON TAHUN 2012/2013

Main Author: ESTININGSIH, estiningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2054
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2054/1496
Daftar Isi:
  • Abstrak. PENGGUNAAN MODEL STAD DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BLENGORKULON TAHUN 2012/2013. Penelitian ini untuk: (1) meningkatkan motivasi dan hasil belajar; (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Sumber data penelitian ini berupa siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, wawancara, angket, dan observasi. Validitas data menggunakan trianggulasi data, peneliti, dan teori. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) penggunaan model STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar; (2) hasil belajar pada siklus I dengan ketuntasan 42, 85%, siklus II 71, 43%, siklus III 85, 71%. Motivasi belajar siklus I rata-rata skor 65, siklus II 77, siklus III 85. Kata kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Media Gambar, Motivasi, IPS Abstract. STAD MODEL USE IN LEARNING AND MOTIVATION IMPROVEMENT CLASS IV SDN IPS BLENGORKULON YEAR 2012/2013. This study to: (1) increasing motivation and learning outcomes, (2) describe an increase in motivation and learning outcomes. Sources of research data in the form of students, teachers, and archival value. Data collection techniques using the documentation, tests, interviews, questionnaires, and observations. The validity of the data using triangulation of data, researchers, and theories. Analysis of the data in the form of data reduction, data display, and conclusion. Conclusions of this study are: (1) the use of STAD model can improve motivation and learning outcomes, (2) learning outcomes in the first cycle with the thoroughness of 42, 85%, 71 second cycle, 43%, 85 third cycle, 71%. Motivation to learn first cycle an average score of 65, second cycle 77, cycle III 85. Key Word: The Student Teams Achievement Division (STAD), Media Picture, Motivation, Social studies