PENERAPAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: rochayani, defi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1968
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1968/1452
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/downloadSuppFile/1968/230
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penerapan Model Inside Outside Circle dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Masalah Sosial Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan langkah penerapan model inside outside circle dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD, mendeskripsikan penerapan model inside outside circle dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD, menemukan kendala dan solusi. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Penggunaan model inside outside circle melalui 6 langkah yang tepat, dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang masalah sosial siswa kelas IV. Kendala dan solusi dalam penggunaan model inside outside circle dalam peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo terdapat 5 kendala dan solusinya. Kata Kunci: Insside Outside Circle, Pembelajaran, IPS Abstract: The application of Model Inside Outside Circle in the enhancement of Learning about Social Issues Social Science Grade IV SD. Research objectives is described step implementation model inside outside circle in the Social Science studies grade IV elementary, describing the application of the model inside outside circle can increase learning IPS grade IV elementary, find barriers and solutions. Research using Research Action class. Subjects in the study are grade IV SDN 2 Kalirejo that add up to 25 students. The research was conducted in three cycles, each cycle two times. The use of the model inside outside circle through the 6 step right, can improve learning about social issues Social Science grade IV. Constraints and solution in the use of the model inside outside circle in the enhancement of learning outcomes Social Science grade IV SDN 2 Kalirejo there are 5 problems and solutions. Keywords: Insside Outside Circle, Learning, IPS