PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 4 PANDANSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: MIATI, DEWI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1684
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1684/1224
Daftar Isi:
  • PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 4 PANDANSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Dewi Saroh Miati1), Kartika Chrysti Suryandari 2), Joharman3) FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret e-mail: dewisarohmiati@yahoo.co.id Abstract: The Quantum Teaching Model Application to Improving Science Learning in V Grade State Elementary School. The purpose of this research was to describe of Quantum Teaching in improving the process and learning result of science studies five grade, improving Science Learning in V Grade State Elementary School. This research uses classroom action research techniques.The subject of this research are students of V grade State Elementary School Pandansari. They are 13 male students and 17 female students. This research are did in three cycles and every cycles consist of two meeting. The results showed that the use of Quantum Teaching, can improve the process and learning result Science Learning in V grade student. Selection of the appropriate model is an alternative that can be taken. Keyword: Quantum Teaching, Learning. Science. Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar, meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Pandansari yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di kelas V. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Kata Kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran, IPA