PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DAN DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI, RASA INGIN TAHU, DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS X-6 DI SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Authors: | Chonstantika, Ade Lucki; Universitas Sebelas Maret, Haryono, .; Universitas Sebelas Maret, Yamtinah, Sri; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1230 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1230/1764 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi, rasa ingin tahu dan prestasi belajar pada materi hidrokarbon dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada materi pokok hidrokarbon. Pada siklus I 73,53% dan meningkat menjadi 94,12% pada siklus II. (2) Pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi pokok hidrokarbon. Pada siklus I 70,59% dan meningkat menjadi 97,08% pada siklus II. (3) Pembelajaran kooperatif model Make a Match disertai diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon. Pada siklus I 35,29% dan 79,41% pada siklus II. Sedangkan dari aspek afektif pada siklus I 55,89% dan 72,33% pada siklus II. Kata kunci: Make a Match, Diskusi Kelompok, Motivasi Berprestasi, Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar