STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Main Authors: | Pradipta, Ellya, Sukardjo, J. S.; Universitas Sebelas Maret, Dwi Ariani, Sri Retno; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1131 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1131/1117 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada pembelajaran kimia dengan metode pembelajaran kooperatif TAI dan NHT; pengaruh aktivitas belajar siswa serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain faktorial 22. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes objektif, dan angket, dan observasi. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel Tak Sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif dengan metode pembelajaran TAI dan NHT yang pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (2) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar afektif dengan metode pembelajaran TAI dan NHT pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif antara aktivitas belajar tinggi dan rendah pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (4) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar afektif antara aktivitas belajar tinggi dan rendah pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (5) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran TAI dan NHT dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.Kata kunci: TAI, NHT, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Kelarutan dan hasil Kali