IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LESSON STUDY

Main Authors: Sumardi, Sumardi; Pendidikan Matematika FKIP UMS, Maudyla, Clara Virgia; Pendidikan Matematika FKIP UMS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snmpm/article/view/10901
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snmpm/article/view/10901/7774
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah guru SMP Muhammadiyah 1 sudah memahami penilaian portofolio, (2) proses implementasi model penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis lesson study, (3) kendala dalam implementasi model penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis lesson. Penelitian deskrtiptif kualitatif ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, tes, evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) guru SMP Muhammadiyah belum semuanya memahami secara jelas mengenai penilaian portofolio. (2) Proses pembelajaran dengan implementasi model penilaian portofolio berbasis lesson study mengalami perbaikan dan meningkatkan sikap yang lebih baik dari waktu ke waktu. (3) Kendala yang dihadapi dalam implementasi model penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berbasis lesson study yaitu, siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, suasana kelas kurang kondusif, dan waktu untuk persiapan penilaian portofolio kurang efisien.Kata kunci: Penilaian Portofolio, Lesson Study, Pembelajaran