IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

Main Author: -, Farida Styaningrum -; UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10650
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sistem penilaian dalam kurikulum pendidikan tinggi yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Authentic assessment dapat dijadikan sebagai model penilaian alternatif dalam implementasi kurikulum KKNI. Authentic assessment tidak sekedar mengukur apa yang diketahui oleh mahasiswa, tetapi lebih menekankan pada apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa selama pembelajaran dan setelah pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh hasil tentang implementasi authentic assessment untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah sistem pengendalian manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada mata kuliah sistem pengendalian manajemen di Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas PGRI Madiun, dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan pola penelitian induktif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi authentic assessment pada mata kuliah sistem pengendalian manajemen terlaksana cukup baik, namun belum optimal. Tingkat ketercapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan masuk kriteria baik. Terdapat beberapa kendala yang dihadapai dalam implementasi authentic assessment yaitu (1) kurangnya alokasi waktu untuk melakukan penilaian, (2) banyaknya instrumen penilaian sehingga dosen perlu banyak waktu untuk mengolah nilai dari setiap mahasiswa, (3) jumlah mahasiswa banyak, sehingga dosen harus cermat dalam mengamati setiap aktivitas yang dilakukan mahasiswa selama proses pembelajaran. Kata Kunci: authentic assessment, kualitas pembelajaran