PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn ASPEK KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Hermawati, Zusi
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Indonesia , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/10348
Daftar Isi:
  • AbstractThis study aims to determine the improvement of learning outcomes Civics students grade 4 semester II year lesson 2016/2017 at SDN Kaligentong 02 District Ampel Kab. Boyolali on the material of central government system using Teams Games Tournament (TGT) learning model. This research model is Classroom Action Research. Research shows an increase in learning outcomes. The condition of prasikus kentutasan reached 13 students (36,1%), cycle I action increased 21 students (58,3%), cycle II again increased to 31 students (86,1%). Based on the research, it can be concluded that the percentage of pre-cycle completeness and cycle I action shows an increase of (22.2%) and cycle I with cycle II shows increase in learning outcome (27.8%)AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas 4 semester II tahun pelajaran 2016/2017 di SDN Kaligentong 02 Kecamatan Ampel Kab. Boyolali pada materi sistem pemerintahan pusat menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Kondisi prasiklus kentutasan mencapai 13 siswa (36,1%), tindakan siklus I meningkat 21 siswa (58,3%), siklus II kembali meningkat menjadi 31 siswa (86,1%). Berdasarkan penelitian disimpulkan persentase ketuntasan pra siklus dan tindakan siklus I menunjukkan kenaikan sebesar (22,2%) dan siklus I dengan siklus II menunjukkan kenaikan hasil belajar sebesar (27,8%).Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar aspek kognitif, PKn