PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN ORIGAMI PADA KELOMPOK B DI TK

Main Author: Turyanti, Titik
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Indonesia , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/10347
Daftar Isi:
  • AbstractObjectives to be achieved in this research is to (1) Improve the fine motor skills of children and (2) Improve fine motor skills of children through origami activities in group B in TK PGRI Purwodadi Purwodadi District Grobogan District Lessons 2016 / 2017.Kerja learning used In this study is through the origami activities of the child making folded forms of folding paper to improve fine motor skills because with these activities can involve the coordination of hand and eye muscles. Data collection techniques used in this study is a method of observation that is done using the observation sheet. The research procedure of cycle I and cycle II include planning, implementation, observation, and reflection using data analysis technique using qualitative analysis by using score (1, 2, 3). The analysis result in cycle I shows that only 65% of children reach learning completeness And in sufficient category, so the indicator that requires 74% completeness of learning with origami activities characterized by student activity on the observation has not been successful and it takes cycle II. In the second cycle the average completeness of children's learning on the observation sheet reached 77% so that the performance indicator requires 76% completeness of learning through origami activities otherwise it has been successful.AbstrakTujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk(1) Meningkatkan keterampilan motorik halus anak dan (2) Meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan origami pada kelompok B di TK PGRI Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017.Kegiatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kegiatan origami yaitu anak membuat bentuk-bentuk lipatan dari kertas lipat untuk meningkatkan keterampilan motorik halus karena dengan kegiatan tersebut dapat melibatkan koordinasi otot tangan dan mata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa metode observasi yang dilakukan menggunakan lembar observasi. Prosedur penelitian siklus I dan siklus II meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan skor (1, 2, 3).Hasil analisis pada siklus I menunjukan baru 65% anak yang mencapai ketuntasan belajar dan dalam kategori cukup, sehingga indikator yang mensyaratkan 74% ketuntasan belajarnya dengan kegiatan origami yang ditandai dengan aktivitas siswa dilembar observasi belum berhasil dan dibutuhkan siklus II. Pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar anak pada lembar observasi mencapai 77% sehingga indikator kinerja mensyaratkan 76% ketuntasan belajar melalui kegiatan origami dinyatakan sudah berhasil. Kata Kunci: “ Keterampilan Motorik Halus, Origami”