PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DIPADU DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: Slameto, Arinta Anggraeni,
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Indonesia , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/10345
Daftar Isi:
  • AbstractThis study aims to improve student learning outcomes with the method of peer tutor combined methods inquiry on the subjects of mathematics class V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga second semester academic year 2016/2017. The subjects of the study were the students of grade V SD Negeri Kauman Kidul with 22 students consisting of 11 male students and 11 female students. This classroom action research uses spiral models Stephen Kemmis and Robin Mc. Taggart. This study consists of 2 cycles where each cycle consists of 3 meetings. Instrumentation of data collection using test techniques and non-test techniques. Research instruments are test questions, LKS sheets, observation sheets and observations. The results showed improvement of student learning outcomes after using peer tutor methods combined inquiry method. Measuring the improvement of student learning outcomes can be seen from the students' classical completeness before the action is 68.18%. After implemented the action in the first cycle increased to 77.27% and in the second cycle increased again to 86.36%. The steps of peer tutor methods combined inquiry methods are adapted to process standards and can improve learning outcomesAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya dipadu metode inkuiri pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga semester II tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kauman Kidul dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model spiral Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian berupa soal tes,lembar LKS, lembar pengamatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode tutor sebaya dipadu metode inkuiri. Tolak ukur peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 68,18%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 77,27% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,36%. Langkah-langkah metode tutor sebaya dipadu metode inkuiri ini disesuaiakan dengan standar proses dan dapat meningkatkan hasil belajar Kata kunci: Metode tutor sebaya, metode inkuiri, hasil belajar.