PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MULTIMEDIA PRESENTASI PADA SISWA KELAS IV SD
Main Author: | Stefanus C. Relmasira, Albertnili Senmai, |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/10344 |
Daftar Isi:
- Abstract This study aims to improve the learning outcomes of IPA through multimedia-assisted PBL model. This research was conducted in the fourth grade students of SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga by using classroom action research method (PTK). PTK activities are conducted in four stages, namely planning, action implementation, observation, and reflection. The results showed that the model of PBL-aided multimedia media, improve science learning outcomes. The increase can be seen through the level of mastery learning IPA. In the first cycle students' learning completeness level reaches 75% and in cycle II reaches 92%.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model PBL berbantuan media multimedia. Penelitian ini dilakukan di pada siswa kelas IV SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan PTK dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media multimedia, meningkatkan hasil belajar IPA. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui tingkat ketuntasan belajar IPA. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar IPA siswa mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 92%. Kata Kunci : Model PBL Berbantuan Media Multimedia, Hasil Belajar