Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas v SDN tanjungsari tahun ajaran 2016/2017

Main Authors: Zahra, Auliya; Sebelas Maret university, Suryandari, Kartika Christy, Salimi, Moh; Sebelas Maret university
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/10215
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/10215/7575
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPS tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN Tanjungsari Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui penerapan model quantum teaching tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, tes dan angket. Teknik validitas yang dilakukan adalah teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPS. Kata kunci: quantum teaching, motivasi belajar, IPS