PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Puspita, Intan Dewi, Suhartono, Suhartono, Joharman, Joharman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/10203
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/10203/7566
Daftar Isi:
  • Abstract: The Use of Experimental Method Using Concrete Media in Improving Learning Outcome of IPA about Force for the Fourth Grade Students of SDN 4 Bumirejo Kebumen. The objective of this research is to improve learning outcome of IPA about force through the use of experimental method using concrete media. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR). Subjects of the research were teacher and 20 students of the fourth grade of SDN 4 Bumirejo Kebumen. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. The results of this research show that the use of experimental method using concrete media can improve learning outcome of IPA about force.Keywords: Experimental method, concrete media, learning outcome Abstrak: Penerapan Metode Eksperimen dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SDN 4 Bumirejo Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo Kebumen dengan menerapkan metode eksperimen dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Validitas data yang digunakan, yaitu triangulasi sumber, tiangulasi teknik, dan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya.Kata kunci: metode eksperimen, media konkret, hasil belajar IPA