UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | -, Samin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/10177 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/10177/7524 |
Daftar Isi:
- Abstract : The goal of this research is to describe the use of methods of Contextual Teaching and Learning (CTL) in improving learning achievement Civics fourth grade students of SD Negeri 1 Klaten Pogung Cawas Academic Year 2014/2015. This research was conducted in SD Negeri 1 Pogung Cawas. While time study will be conducted selama2 month with planned start at the beginning of February 2015 until the end of March 2015 to adjust the hour Civics classes. The subjects were students of class IV SDNegeri1 Pogung Cawas Klaten in the academic year 2014 / 2015yang totaled 18 students consisting of 11 boys and 7 girls. This action research using action research groove. Data collection techniques used were observation and tests. Data analysis techniques used to process the data obtained are qualitative in nature. From the research conducted since the planning improvements to implementation and evaluation, it can be concluded that the method of Contextual Teaching and lerning (CTL) can be used to improve learning achievement Civics fourth grade students of SD Negeri 1 Klaten Pogung Cawas Academic Year 2014/2015 Abstrak : Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Pogung Cawas Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pogung Cawas. Se- dangkan waktu penelitian akan dilakukan selama2 bulan dengan direncanakan mulai dari awal bulan Februari 2015 sampai dengan akhir Maret 2015 dengan menyesuaikan jam pelajaran PKn kelas tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri1 Pogung Cawas Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015yang ber- jumlah 18 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian tindakan ini menggunakan alur penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh adalah bersifat kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan sejak perencanaan perbaikan sampai pelaksanaan dan evaluasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode Contextual Teaching and Lerning (CTL) dapat digunakan untuk meningkat- kan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Pogung Cawas Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kooperatif, Contextual Teaching And Learning