PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KARTU MUATAN DALAM PENINGKATANPEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 5 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Author: | Mardiyati, Rina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/10136 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/10136/7456 |
Daftar Isi:
- Abstract: The Application of Cooperative Learning Type STAD with Charge Card Media in Improving Student Learning Integer Class IV SDN 5 Kutosari Academic Year 2012/2013. This study aims to: (1) describe the learning process, (2) improving math learning, and (3) the constraints and possible solutions. This research was conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were students of class IV SDN 5 Kutosari totaling 30 students. Source of data derived from students, teachers, and documents. Data collection techniques were observation, testing, and documentation. Analysis technique of data used includes reduction of data, data presentation, and conclusing or verification. The percentage of student mastery before action was 70%, after the implemented action first cycle increased to 90%, the second cycle increased to 100%, and the third cycle increased again to 100%. The results showed that the application of cooperative learning type STAD with the charge card media can improve the learning integers fourth grade primary school students. Keywords: learning, STAD, media charge cards, integers Abstrak: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Kartu Muatan dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 5 Kutosari Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran, (2) peningkatan pembelajaran matematika, serta (3) kendala dan solusinya. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Kutosari yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Persentase ketuntasan siswa sebelum tindakan adalah 70%, setelah dilaksanakan tindakan siklus I meningkat menjadi 90%, siklus II meningkat menjadi 100%, dan siklus III meningkat kembali menjadi 100%. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu muatan dapat meningkatkan pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: pembelajaran, STAD, media kartu muatan, bilangan bulat