ANALISIS HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL MANADO GRACE INN

Main Authors: Gulla, Rendy; Universitas Sam Ratulangi Manado, Oroh, Sem George; Universitas Sam Ratulangi Manado, Roring, Ferdy; Universitas Sam Ratulangi Manado
Other Authors: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI , 2015
Online Access: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/8297
Daftar Isi:
  • Persaingan yang semakin ketat menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2015, menyebabkan perusahaan harus mampu menciptakan stategi harga, promosi, dan kualitas pelayanan yang menarik untuk memenangkan konsumennya. Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dan teknik analisis Regresi Linear Berganda, dimana jumlah sampel sebanyak 96 responden berdasarkan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan harga, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sementara variabel promosi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Mengingat harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada Hotel Manado Grace Inn, sebaiknya manajemen perusahaan memperhatikan faktor harga dan kualitas pelayanan untuk mempertahankan konsumen. Kata kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen