PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAPARI TELKOMSEL MANADO

Main Authors: Roring, Diana N., Koleangan, Rosalina A.M, Uhing, Yantje .
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FEB Universitas Sam Ratulangi Manado , 2019
Online Access: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24345
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24345/24053
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pada era persaingan bisnis telekomunikasi yang semakin ketat, semua operator seluler dituntut untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Perubahan-perubahan di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini, berbagai bentuk transaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tak dapat dilepaskan dengan keberadaan telepon. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, meningkatnya jumlah penduduk dan pendapatan masyarakat, kebutuhan akan jasa telekomunikasi pun semakin meningkat. Tujuan penilitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Populasi penelitian adalah konsumen pada GraPARI Telkomsel Manado, sampel penelitian sebanyak 80 responden. Data di analisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan, berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Pelayanan pada GraPARI Telkomsel Manado harus ditinjau kembali dan ditingkatkan lagi, agar dapat mempengaruhi kepuasan konsumen yang lebih baik lagi. kualitas pelayanan di GraPARI Telkomsel Manado berdampak langsung terhadap kepuasan konsumen, oleh karena itu GraPARI Telkomsel Manado harus memperhatikan kepuasan konsumen dan GraPARI Telkomsel Manado perlu mempertahankan kualitas pelayanan agar berdampak baik untuk perusahaan. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan konsumen