ANALISIS PERSEPSI JAMINAN PRODUK, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TOKO BAJU CELCIUS DI MANADO TOWN SQUARE
Main Authors: | Kirojan, Zaneta G. P, Moniharapon, Silcyljeova ., Ogi, Imelda W.J |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/23494 http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/23494/23183 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Salah satu upaya yang dilakukan dalam menghadapi persaingan adalah memberikan pelayanan yang berkualitas, yaitu kualitas produk yang ditawarkannya. Kemampuan produk dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada pemakainya akan menguatkan kedudukan atau posisi produk dalam benak konsumen, sehingga memungkinkan produk tersebut akan menjadi pilihan pertama konsumen pada pembelian diwaktu yang akan datang.Persepsi jaminan produk mencakup pengetahuan, kemampuan, kesopanan, dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki, bebas dari bahayaKepercayaan konsumen pada produk hanya dapat diperoleh bila pemasar dapat menciptakan dan mempertahankan hubungan emosional yang positif dengan konsumen.Kualitas informasi tergantung dari tiga hal yaitu informasi harus akurat, tepat waktu, dan relevan.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi jaminan produk dan kepercayaan secara simultan terhadap loyalitas konsumen serta mengetahui pengaruh secara parsial persepsi jaminan produk terhadap loyalitas konsumen. Populasi penelitian ini konsumen di Toko Baju Celcius Manado Town Square dan sampel sebanyak 100 karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi jaminan, kepercayaan, dan kualitas informasi berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen Toko Baju Celcius Manado Town Square. Secara parsial, persepsi jaminan produk, kepercayaan, dan loyalitas konsumen kerja berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Toko Baju Celcius Manado Town Square. Kata Kunci: persepsi jaminan produk, kepercayaan, kualitas informasi, loyalitas konsumen