PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEXAS CHICKEN DI BITUNG

Main Authors: Tanuli, Stevy ., Mandey, Silvya ., Trang, Irvan .
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FEB Universitas Sam Ratulangi Manado , 2019
Online Access: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/23349
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/23349/23039
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penerimaan masyarakat terhadap setiap barang hasil produksi di pasar berhubungan dengan perilaku konsumen dalam penggunaan atau konsumsi item-item tersebut. Faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis merupakan empat faktor yang berhubungan dengan perilaku konsumen terhadap suatu barang hasil produksi. Pemahaman dan aktualisasi dari perilaku konsumen yang berhubungan dengan keempat faktor tersebut memberikan efek terhadap bagaimana akhirnya orang-orang memutuskan untuk melakukan pembelian dari barang hasil produksi untuk dipergunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian Texas Chicken di Bitung secara parsial dan simultan. Metode analisis penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada produk Texas Chicken di Bitung. Texas Chicken sebaiknya mengetahui pergeseran budaya dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan membeli. Kata Kunci: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi, keputusan pembelian